Waktu Melontar Jumrah

Waktu Terbaik untuk Melontar Jumrah

Oleh: Ustadz H Bobby Herwibowo (Pengasuh Majelis Al-Kauny)

TANYA: Ustadz, kapankah waktu terbaik melontar jumrah itu. Terima kasih.

Muhammad Hadi,
Demak

JAWAB:

Mulai tanggal 10 hingga 13 Dzulhijjah jamaah haji akan berada di Mina, kecuali mereka yang mengambil Nafar Awwal (berangkat pada rombongan pertama yang meninggalkan Mina pada tanggal 12 Dzulhijjah). Selama beberapa hari itu, seluruh jamaah melakukan mabit (bermalam/menginap) di sana seraya memperbanyak ibadah dan taqarrub kepada Allah. Tak kalah pentingnya, ada satu aktivitas ritual yang statusnya wajib dilakukan oleh setiap jamaah yang tidak berhalangan kondisi fisiknya, yakni melontar jumrah.

Melontar jumrah adalah salah satu ibadah wajib bagi jamaah haji. Pelaksanaannya sangat menguras fisik dan tak jarang menimbulkan risiko bagi keselamatan mereka.

Melontar jumrah (ramyul jimaar) dimulai setelah matahari tergelincir waktu zhuhur. Rentang masa diperbolehkannya melontar jumrah ini hingga tengah malam. Bagi jamaah haji Indonesia sebaiknya mengikuti petunjuk maktab atau ketua rombongan. Karena, mereka lebih tahu kapan waktu yang tepat dan aman bagi jamaah haji Indonesia yang secara umum bertubuh lebih kecil dari pada bangsa lain. Jangan pernah hendak mengambil keutamaan ibadah (afdhaliyah) namun tidak memikirkan keselamatan jiwa!

Abdullah bin Umar ra. pernah ditanya oleh seorang pria, “Kapankah sebaiknya aku melontar jumrah?” Abdullah menjawab, “Jika imam (pimpinanmu) melakukannya, maka ikutilah!” Orangitu masih mengejar, “Tapi kapan waktunya?” Abdullah menjawab, “Dulu kami melakukannya bila matahari zawal (sudah tergelincir).” (HR Bukhari)

Dari hadits ini, Abdullah bin Umar ra. hendak memberitahukan bahwa hal terpenting dalam pelaksanaan ibadah haji adalah mengikuti petunjuk imam (pemimpin rombongan), apalagi saat berada di Mina, maka mengikuti petunjuk pimpinan rombongan amat diperlukan demi keselamatan.

Wallahu a’lam.

BACA JUGA:

Puskeshaji
Shalat Jumat di Arafah
Ibadah Haji

One thought on “Waktu Melontar Jumrah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *