Amirul Hajj 2014

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Amirul Hajj Tahun Ini

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin sendiri jamaah haji Indonesia tahun ini. Lukman akan berangkat ke Arab Saudi pada 25 September mendatang bersama para staf Amirul Hajj.

Sebagai Amirul Hajj, Menteri Agama akan didampingi para naib (wakil amirul hajj) dan anggota. Naib terdiri dari tiga orang, yakni Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Din Syamsudin, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj dan Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti. “Tapi karena alasan kesehatan, Pak Said (Ketum PBNU) mengundurkan diri dan akan segera kita cari gantinya,” kata menteri agama di Jakarta, hari ini (11/9).

Selaku sekretaris Amirul Hajj tahun ini adalah Achmad Gunaryo, Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri departemen Agama. Sedang anggotanya terdiri dari beberapa tokoh dan ormas Islam, yaitu: K.H. Malik Madani, KH Yunahar Ilyas, Habib Ali bin Muhammad al-Jufri, KH. Amal Fathullah Zarkasyi, Nabiel Fuad Almusawa, dan Lukman Hakim Hasibuan (Al-Washliyah).

Sebagai Amirul Hajj, Lukman akan mewakili jamaah haji Indonesia saat pertemuan dengan Raja Arab Saudi atau antar Amirul Hajj seluruh dunia. Tapi tugas utama Amirul Hajj, kata menteri agama, adalah mengawasi pelaksanaan dan pelayanan ibadah haji di Arab Saudi. “Caranya dengan memonitor setiap layanan yang diberikan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Tanah Suci,” katanya.

Menteri Agama menerangkan, dalam rapat di Kementerian Agama hari ini telah dibahas agenda pertemuan Amirul Hajj dengan para petugas haji di masing-masing daerah kerja (daker), baik yang ada di Jeddah, Madinah dan Mekkah. Kemudian akan dilakukan pula pertemuan dengan anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang memang menjadi salah satu kelompok pengawas haji.

“Dibahas pula agenda pertemuan dengan Menteri Haji dari pemerintah Saudi dan Muassasah,” katanya.

Amirul Hajj nanti juga akan menghadiri malam ta’aruf, yakni bertemu dengan seluruh petugas haji Indonesia yang ada di Arab Saudi. Di sana, salah seorang perwakilan dari Amirul Hajj akan memberikan tausiyah kepada hadirin sembari mengontrol kondisi pemondokan secara langsung.

BACA JUGA artikel mengenai:
Tawaf
Napak Tilas Jabal Tsur
Penipuan di Masjid Nabawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *